Gerakan Pembangunan Desa Sistim Gotong Royong Di Desa Peninjoan Tembuku Bangli

  • 27 Desember 2011
Gerakan Pembangunan Desa Sistim Gotong Royong di Desa Peninjoan Tembuku Bangli

omitmen Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.,M.Hum untuk menciptakan pemerintahan yang merakyat, nampaknya bukan isapan jempol belaka. Hal ini dibuktikan dengan secara konsisten Bupati mengajak pimpinan SKPD turun ke desa, menyerap aspirasi rakyat secara langsung. Seperti yang dilaksanakan, Selasa (20/12) Bupati Bangli bersama jajaran melaksanakan Gerakan Pembangunan Desa Sistim Gotong Royong (Gerbangdesigot) di Desa Peninjoan, Tembuku Bangli
    “Mengawali Gerbangdesigot di Desa Peninjoan, Bupati Made Gianyar bersama jajaran dan masyarakat melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Dalem Agung Tampuagan, dilanjutkan dengan tatap muka, gotong royong bersih desa, mengunjungi Rumah Tangga Miskin (RTM) dan penanaman pohon di sekitar pura Dalem Dalem Agung Tampuagan ”ungkap Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bangli Made Mahindra Putra.
     Dikatakan juga, tatap muka yang dilaksanakan di Wantilan Pura Agung Tampuagan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti penyerahan bantuan pembangunan desa dari APBD Bangli Tahun 2011 sebesar Rp 50 Juta, yang diserahkan Bupati Bangli kepada Kepala Desa Peninjoan Dewa Nyoman Tagel. Penyerahan bantuan bedah rumah oleh Dinas Sosial dan BPMPD Kabupaten Bangli berupa material bangunan senilai Rp 5 Juta kepada 21 pra keluarga sejahtera di Desa Peninjoan yang diserahkan secara simbolis kepada I Wayan Kedus asal Dusun Manikaji. Penyerahan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk pembangunan pura oleh Dirut Bank BPD Bali Cabang Bangli A. A. Yudiartawan dan Direktur Bank Pasar Bangli  Made Astawa masing – masing Rp 10 Juta dan Rp 5 Juta kepada Bupati Bangli untuk selanjutnya diserahkan kepada Bendesa Adat Desa Pakraman Payuk Komang Mudita.
     Selain penyerahan bantuan, Gerbangdesigot di Desa Peninjoan juga diisi dengan pelayanan cek up kesehatan gratis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli, pelayanan KB gratis dari Bandan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kab Bangli, dan pelayanan pembuatan KTP dan Akta Catatan Sipil oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangli.  Saat tatap muka berlangsung, juga diselipi sosialisasi penanganan sampah plastik oleh Sang Ayu Kompyang Lingga dari Yayasan Belajar Yuk Saiti, dan sosialisasi HIV AIDS oleh dr. Dewi Rahayu dari Dinas Kesehatan Kab Bangli.
     Mahindra Putra menjelaskan, saat tatap muka berlangsung Bupati Bangli Made Gianyar juga mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menjaga insprastruktur jalan. Salah satunya dengan tidak menanam rumput gajah di pinggir badan jalan, apalagi pada jalan yang baru dihotmix. Karena kalau itu masih dilakukan, maka jalan yang baru dihotmix akan cepat rusak karena keberadaan rumput gajah akan menghalangi aliran air untuk masuk ke drainase, mengakibatkan air masuk ke badan jalan. Maka jika ini terjadi, apalagi saat musim hujan seperti sekarang, itu akan mempercepat kerusakan jalan. Bupati juga menyampaikan kepada masyarakat untuk bersabar, karena Pemerintah Kabupaten Bangli dibawah kepemimpinan Made Gianyar dan Sang Nyoman Sedana Arta selaku Bupati dan Wakil Bupati Bangli sangat fokus untuk memperbaiki insprastruktur jalan. “Memang hingga akhir 2011 kita belum bisa memenuhi semua target pembenahan isprastruktur jalan, akibat keterbatasan anggaran dan waktu, namun kita pastikan dalam empat tahun mendatang, semua insprastruktur jalan di Bangli bisa terselesaikan ” terangnya mengutip sambutan Bupati Bangli.

  • 27 Desember 2011

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita